Penjelasan Sederhana Tentang Peta One Piece, yang Belum Ngerti Yuk Merapat!

Peta One Piece memiliki tatanan yang sedikit berbeda dengan dunia nyata. Namun bukan berarti universe One Piece enggak masuk akal dan sulit dipahami. Simak penjelasan berikut ini biar kalian paham seperti apa peta perjalanan Luffy One Piece.

1. Red Line, Benua Satu-satunya di One Piece

peta one piece

Dunia One Piece hanya memiliki satu benua besar yang memisahkan keempat wilayah lautan. Dataran ini lapisan tanah dan bebatuan berwarna merah yang sangat tebal sehingga diberi nama Red Line. Daratan ini dikuasai oleh Pemerintahan Dunia dan dihuni oleh Tenryuubito sehingga tak bisa sembarang dilewati.

Baca Juga: 5 Fakta Chopper One Piece Si Dokter Andal Anggota Kru Topi Jerami Paling Kawaii

2. Lautan Terbesar di Peta One Piece

Peta One Piece memiliki empat wilayah kelautan yang sangat besar, yakni North Blue, East Blue, South Blue, dan West Blue. Masing-masing wilayah ini dipisahkan oleh Red Line dan Grand Line.

3. Grand Line Paradise dan New World 

reverse mountain to the grand line

Grand Line adalah garis maya yang melintang membelah tengah bumi. Cuaca di wilayah ini berubah-ubah secara ekstrim dengan kondisi geografis yang jauh berbeda dengan lautan biasa.

Grand Line dikenal sebagai tempat yang sangat berbahaya. Selain dihuni oleh banyak makhluk aneh nan buas, tempat ini juga merupakan pusat berkumpulnya bajak laut terkuat di dunia.

Grand Line terbagi atas dua wilayah yang dipisahkan oleh Red Line, yakni Paradise dan New World. Saat memulai petualangan, penjelajah akan masuk ke Paradise melalui Reverse Mountain. Setelah itu mereka harus menyelam, melewati Fishman Island untuk masuk ke New World.

Baca Juga: 5 Bocoran Informasi Tentang Saint Imu One Piece, Dalang Pemerintahan Dunia

4. Calm Belt yang Tenang dan Berbahaya

Garis maya Calm Belt merupakan wilayah yang memisahkan Grand Line dengan lautan di North, West, South, dan East Blue. Perairan ini sangat berbahaya dan dihindari karena menjadi sarang Raja Laut.

Anehnya, fenomena alam wilayah ini sangat tenang sampai angin pun sama sekali tak bertiup. Akibatnya, kapal yang tak sengaja masuk ke Calm Belt akan terjebak dan harus mendayung sekuat tenaga agar bisa keluar.

5. Setiap Pulau di Grand Line Saling Terhubung

Salah satu perbedaan paling mendasar antara Grand Line dengan lautan biasa adalah sistem navigasinya yang sangat kompleks. Kompas biasa tak akan berfungsi di perairan ini karena setiap pulau saling terhubung bagaikan magnet.

Penunjuk arah yang bisa digunakan hanyalah Log Pos atau Ethernal Pos. Penjelajah harus tinggal selama beberapa hari untuk mengisi data Log Pos agar bisa berlayar ke pulau berikutnya.

Demikianlah penjelasan peta One Piece yang dilewati oleh Luffy dkk. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Leave a Comment